The Cashflow Quadrant adalah kuadran yang menggambarkan berbagai macam pekerjaan yang dilakukan orang-orang di seluruh dunia. Cashflow Quadrant diciptakan oleh Robert T. Kiyosaki dalam buku “The Cashflow Quadrant”

Cashflow Quadrant adalah sebagai berikut:

E | B

——

S | I

E singkatan dari employee. Artinya pegawai. Pegawai adalah orang yang bekerja untuk orang lain aik di pemerintahan maupun perusahaan swasta, jabatan tinggi maupun rendah, sipil mapun militer. Yang jelas mereka punya gaji bulanan/ per periode yang tetap dengan jam kerja tetap. Mereka sangat mencintai kemanan kerja dan kestabilan ekonomi.



S singkatan dari pekerja lepas atau pekerja untuk diri mereka sendiri. Contoh dokter, pengacara, akuntan publik, seniman, wiraswasta pemilik bisnis kecil dan lain-lain. Mereka menyukai kebebasan ekspresi dan berusaha melakukan segalanya sendiri menurut cara mereka sendiri. Sayangnya mereka kurang mampu mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.



B singkatan dari business owner, yaitu pemilik bisnis yang besar, yang memiliki sistem sehingga tidak menuntut kehadiran mereka untuk berjalan. Sistem dari perusahaan sudah berjalan tanpa campur tangan B sehingga B bisa memiliki kebebasan uang dan waktu karena dibiayai aset mereka berupa perusahaan bersistem tersebut.



I singkatan dari investor, yaitu orang yang menginvestasikan uang mereka dalam jumlah sedikit ke dalam sistem perusahaan lalu mendapat laba yang besar berkali lipat. Banyak orang menduga Investor terkait bursa saham, obligasi. Namun ternyata investasi juga terkait manajemen usaha perusahaan dengan melibatkan kecerdasan finansial. Investasi adalah area bermain orang kaya di mana uang berputar menghasilkan uang.



Kuadran E dan S disebut kuadran kiri adalah kerja mencari uang langsung sehingga jika mereka bekerja, mereka akan mendapat uang. Sebaliknya, jika tidak bekerja, penghasilan mereka juga berhenti. Resiko kuadran kiri adalah PHK dan bangkrut. Jika itu terjadi bencana ekonomi akan terjadi kepada mereka.



Kuadran B – I disebut kuadran kanan. Di kuadran ini pelakunya tidak langsung mencari uang, namun membangun aset dulu. Setelah aset mereka jadi, aset itu yang kerja sehingga mereka dapat penghasilan pasif. Kalau punya penghasilan pasif akan bebas uang dan waktu. Jadi bisa libur kerja, liburan. Jika aset mereka berkembang, mereka tak perlu khawatir masa depan finansial mereka.



Menurut Robert T. Kiyosaki kebebasan finansial terdapat di kuadran kanan, karena aset mampu memberikan penghasilan pasif untuk membantu masalah ekonomi kehidupan semua orang. Oleh karena itu disarankan semua orang ke kuadran kanan. Untuk masuk kuadran kanan, disarankan masuk kuadran B dulu untuk mempersiapkan uang dan keterampilan finansial. Kuadran I butuh uang banyak untuk modal. Untuk masuk kuadran B ada 3 cara:



1.Membangun perusahaan bersistem. Yaitu merintis perusahaan sampai menyusun sistem yang kuat dan stabil.

2.Membeli waralaba. Yaitu membeli hak waralaba yang sudah memiliki sistem teruji kemudian mengembangkan orang-orang yang menjalankannya.

3.Membeli pemasaran jaringan. Yaitu waralaba penjualan produk dengan sistem distributor secara berjenjang (multilevel / network marketing) sampai rantai tertentu sistem berjalan sehingga distributor bisa pensiun.

Setelah menunjukkan bermacam-macam tujuan dalam masalah ekonomi, Robert T. Kiyosaki juga memberikan langkah-langkah dasar menuju kebebasan finansial.



Robert T. Kiyosaki, lahir dan dibesarkan di Hawaii, adalah orang Amerika keturunan Jepang dari generasi keempat. Setelah lulus dari kolose di New York, Robert bergabung dengan Korps Marinir dan pergi ke Vietnam sebagai seorang perwira dan pilot helikopter tempur. Sepulangnya dari medan tempur, Rober bekerja pada Xerox Corporation dan pada 1977 mendirikan sebuah perusahaan yang untuk pertama kalinya membawa dompet peselancar yang terbuat dari nilon dan Velcro ke pasar. Pada 1985, ia mendirikan sebuah perusahaan pendidikan internasional yang mengajarkan bisnis dan investasi pada puluhan ribu murid di seluruh dunia. Pada 1994, Robert menjual perusahaannya dan pensiun pada usia 47 tahun.



#CASHFLOWQUADRANT #BOBMERDEKA #ROBERTKIYOSAKI #NETWORKER #ENTREPRENEUR #WIRAUSAHA



Beberapa prestasi Bob Merdeka (membangun aset kuadran B di bisnis Maicih dan pemasaran jaringan Tiens Syariah) :



Rolling Stones The Hot Snack 2011



YWN 100 Marketeers 2011



YWN 50 Creative Tourism Ambasador Marketeers 2012



Sosok Kompas Indonesia tahun 2011



Inovasi Terbaik dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2013



Success Trip Thailand Tiens 2014



Bintang Tamu Mata Najwa Metro TV 2015



Motorcycle Reward Tiens 2015



Glory Trip China Tiens 2015



Bintang tamu I'm Possible Merry Riana Metro TV 2017



Glory Trip Australia Tiens 2018



http://www.bobmerdeka.com/