PARAISOVERDE 2024

Muka cerah ceria 2024.. di balik senyum ini terkandung banyak kerudetan 366 hari penuh rencana dan mimpi. Atas nama semangat wirausaha tetaplah harus dibawa kalem, karena memang sejatinya pengusaha adalah orang gila yang siap menghadapi ketidakpastian. Tak ada yang pernah benar-benar bisa memprediksi masa depan, semua bisa jatuh bangun secepat kilat. Kita belajar banyak dari pandemi toh.



Lupakan semua motivator, da mereka juga ngemeng-ngemeng teh karena dibayar, optimis weh dulu karena mungkin mereka juga ga tau apa yang sebenarnya akan terjadi hehe. Tapi pemulia tanaman sudah punya attitude itu dari lama, yang bisa dilakukan hanyalah kembali ke aktifitas yang bisa diandalkan yaitu bertani menanam dari kecil, dari biji kecambah yang bisa gagal, dari bonggol yang bisa busuk, dari potekan batang yang entah di mana matunnya, dari tunas harapan yang setipis kesabaranku. Tapi kita tetap kembali nguplek ke greenhouse, kembali ke tempat kita menanam.
Setelah semua rentetan ikhtiar itu, hanya Allah yang berkuasa atas segalanya. Allah yang ijinkan semua akan otw ngagebray pada waktunya. Timing nya akan selalu pas, tidak pernah terlalu cepat, tidak pernah terlalu lambat.
🌟💚🍀🌳

Comments