Inspirasi Bisnis :: The Body Shop


Inspirasi Bisnis -- Awal Mula The Body Shop


Pengusaha sukses seperti Anna Roddick founder dari The Body Shop adalah satu banding satu juta penduduk dunia alias jarang sekali pengusaha sukses seperti beliau. The Body Shop adalah sebuah inspirasi bisnis untuk semua orang yang mau membangun usaha / bisnis khususnya usaha yang berhubungan dengan dunia kosmetika dan kecantikan.


anna-roddick


Anna Roddick, pengusaha sukses asal Inggris ini bukanlah orang dengan latar belakang pendidikan bisnis atau orang yang sangat berpengalaman dalam dunia bisnis. The Body Shop ia dirikan tahun 1976 semata-mata untuk mencari penghasilan untuk kedua putrinya di saat suaminya pergi ke Amerika. Hingga The Body Shop hari ini mempunyai lebih dari 2000 toko di seluruh dunia, Anna Roddick selalu mengklaim bahwa dia tak tahu dengan pasti apa bagaimana cara dia mencapai kesuksesan ini. Dalam artian yang dia lakukan hanyalah berusaha dengan cara yang sederhana dan hati yang tulus setiap hari untuk memberi sebanyak mungkin kepada orang lain, selebihnya perusahaan berkembang dari nilai-nilai kesederhanaan dan kebaikan tersebut.



Inspirasi Bisnis -- The Body Shop Values & Campaigns


The Body Shop sebagai sebuah brand kosmetik sepertinya adalah pionir dalam menjadikan isu-isu sosial dan lingkungan sebagai kekuatan nilai brand dan membuatnya menjadi sexy. Campaign mereka di setiap saya melihat tokonya antara lain adalah: Against Animal TestingSupport Community TradeActivate Self EsteemDefend Human Rights, dan Protect Our Planet.


the-body-shop-campaign


Nilai-nilai sosial dan lingkungan ini menjadi fokus usaha mereka. Dari values & campaigns yang terus mereka lakukan secara konsisten, The Body Shop mengalami kenaikan dan percepatan bisnis luar biasa sejak era 80an dan 90an. Aksi nyata mereka bersama Greenpeace, support komunitas lokal seperti di India sebagai pemasok bahan baku mereka atau campaign no animal testing untuk mengkritik banyak perusahaan yang melakukannya di Inggris adalah bentuk-bentuk komitmen nilai yang mereka terus jaga hingga kini walau Anna Roddick sudah meninggal di tahun 2007.


Warisan Anna Roddick lewat The Body Shop untuk dunia adalah sesuatu yang sangat berharga dan inspiratif bagi perkembangan bisnis pada umumnya, terutama usaha kosmetik dan kecantikan, The Body Shop telah memberikan arah baru selama lebih dari 30 tahun ke belakang tentang cara yang baik membangun bisnis.



Inspirasi Bisnis -- The Body Shop Besar karena Memberi


Inspirasi bisnis The Body Shop untuk kita yang terjun di dunia bisnis apapun, angkatlah nilai-nilai sosial dan lingkungan secara benar dan konsisten. Selain sudah tentu memberi manfaat untuk banyak orang dengan program kita yang peduli lingkungan dan sosial. Secara materi pun, brand kita akan terangkat dengan nilai-nilai tersebut sehingga mendatangkan banyak konsumen baru dan cenderung loyal untuk terus membeli produk kita karena value brand kita baik dan positif.


the-body-shop-giftthebodyshop-globe


Setiap kali istri saya beli The Body Shop ada perasaan tenang karena bisa ikut dalam pergerakan positif. 30 tahun lebih The Body Shop memberi makna bagi dunia usaha. Ini adalah bukti bahwa dari hari ke hari dunia cenderung ke arah positif. Dunia sudah jenuh dengan perusahaan yang sifatnya hanya materialistik. Konsumen ingin sesuatu yang positif, nilai sosial yang kuat, hal-hal yang berbau lingkungan lebih dilirik orang saat ini. Jadi sudah saatnya teman-teman yang nyemplung ke dunia usaha mulai memberi dan memberi baik arahnya sosial maupun lingkungan. Percayalah bahwa hanya dengan memberi, kita akan lebih banyak menerima. Anna Roddick dengan The Body Shop sudah membuktikannya lebih dari 30 tahun lamanya. Sekarang giliran kita. Mulai memberi sekarang juga !