Alhamdulillah bisa berbagi pengalaman dan inspirasi bisnis di UNSWAGATI Cirebon 31 Maret kemarin. Seminar bisnis yang pertama kali mereka selenggarakan ini berjalan sangat baik, mengingat ini pengalaman pertama mereka, mahasiswa UNSWAGATI untuk membuat acara seminar bisnis, dengan narasumber di luar Cirebon. Great job UNSWAGATI !

Saya pribadi sudah beberapa kali berkunjung ke Cirebon, bahkan tahun lalu 2017 sempat blusukan juga dari Cirebon hingga Majalengka dalam rangka ikhtiar menemukan  calon leader bisnis Tiens. Jadi tidak terlalu kaget dengan hawa panasnya, makanan khasnya nasi jamblang, Mall Grage, dan komunitas santri yang tersebar di banyak daerah di Cirebon. Kota yang memiliki nuansa agamis cukup tinggi, seneng sih kalau seperti ini, inget banyak dosa kan jadinya ya, jadi ingin berbuat baik lebih banyak, berusaha mengurangi dosa. Cuma emang sayang seribu sayang kotanya panas hehe, kalau ga sih bisa tinggal di sini lama ya karena banyak pesantren dan mesjid yang bikin sejuk dan adem hati.

Kembali ke seminarnya UNSWAGATI, saya melihat Cirebon punya potensi besar untuk pengembangan bisnis terutama di industri kreatif. Sekitar 400 orang lebih hadir ke seminar ini, saat itu bersyukur juga bisa bertemu Pak Bamunas pemilik Grage Grup, rajanya properti hotel dan mall di Cirebon. Beliau juga diberi kesempatan sebagai 'mystery guest' untuk membagikan pengalaman bisnisnya selama ini, bagaimana ia memulai dengan modal bukan uang, tapi yang terpenting adalah network dan trust. Modal itulah yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dipikir-pikir ya benar juga sih, coba kita bayangkan kalau kita punya uang 100 miliar tanpa network dan trust, lalu kita mau bangun bisnis apa ? Tidak ada jaringan dan kepercayaan dari orang lain, punya uang banyak pun malah jadi masalah. Seringkali kita di jaman sekarang terlalu fokus pada modal materi, padahal bukan itu yang terpenting.

Pak Bamunas juga sekarang sedang mencalonkan diri menjadi Walikota, beliau berkata ingin berjuang di birokrasi untuk membangun bisnis Cirebon lebih baik dan ujungnya semua masyarakat yang menikmati. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk beliau dan kota Cirebon, karena saya sendiri bukan orang Cirebon hehe. Beliau juga mengajak Maicih bekerjasama dengan UKM di Cirebon yang beliau kelola untuk memajukan bisnis keripik dan panganan tradisional Cirebon, semoga bisa ditindak lanjuti lebih jauh ya aamiiin. 

Ketika bagian saya yang bicara membagikan pengalaman bisnis selama 15 tahun ini termasuk bisnis Maicih tentu saja,  alhamdulillah respon mahasiswa dari berbagai kampus ini masih penuh semangat dan positif, padahal sudah jam 2 siang. Mungkin karena perut sudah terisi ya, jadi bisa lebih fokus menyerap informasi. Apa isi  materi seminar yang saya bagikan di sana ? Tentu saja rahasia hahahaha, anda harus mengundang saya ke tempat anda untuk tahu materinya. Pertama karena ga enak ke UNSWAGATI membayar saya untuk membagikan materi ini, kedua biar kalian bertemu saya langsung untuk diskusi dan berbagi pengalaman seputar bisnis selama ini. Sila kontak di nomer 081395000999. Sukses !