Inspirasi Bisnis :: TOMS Shoes


Toms Shoes



Inspirasi Bisnis -- TOMS Shoes One For One


Inspirasi bisnis kali ini datang dari TOMS Shoes, brand sepatu asal Amerika yang sangat menginspirasi banyak orang dalam berbisnis dan membangun sebuah brand sejak kemunculannya di tahun 2006. TOMS adalah contoh sebuah brand dapat berbuat banyak dalam hal kebaikan. Saya mengetahui story-telling brand TOMS yang sangat kuat ini tahun 2012, cukup telat mengingat apa yang sudah dilakukannya begitu hebat dan menyentuh sisi emosional buat saya pribadi. Namun ijinkan saya bercerita pada teman-teman inspirasi bisnis TOMS ini.


blake-mycoskie


Founder TOMS Shoes atau lebih suka dipanggil Chief Shoe Giver , Blake Mycoskie pada tahun 2006 melakukan perjalanan ke Argentina sebagai trip liburan dari kesehariannya yang bergelut di dunia bisnis. Di saat sela-sela liburannya ke Argentina tersebut, dia bertemu seorang wanita yang menjadi relawan sebuah organisasi nirlaba yang mempunyai program memberikan sepatu kepada anak-anak kecil yang tidak mampu di Argentina.  Yang menjadi sorotan Blake saat itu adalah permasalahan donasi dari para donatur yang tidak bisa dikontrol oleh organisasi, sehingga banyak sepatu yang tidak sesuai ukurannya untuk anak-anak tersebut, dan tetap telanjang kaki walau sudah terlaksananya pembagian sepatu. Ironis dan memilukan Blake melihatnya.


Dari pertemuan tersebut, Blake mencoba mencari solusi yang mampu menyelesaikan masalah tersebut. Dan yang dia tahu hanyalah solusi dengan kemampuan dia di bidang bisnis dan entrepreneurship. Bisnis yang dia pikirkan sangatlah sederhana: Menjual sepatu hari ini, membagikan sepatu di hari kemudian.  "Shoes for a Better Tomorrow", menjadi Tomorrow Shoes, dan akhirnya  TOMS. For every pair TOMS sell, TOMS will give a pair of new shoes to a child in need. One For One.  Dari setiap sepasang sepatu TOMS yang terjual, TOMS akan memberikan sepasang sepatu gratis kepada anak-anak kecil yang membutuhkan. One For One.



Inspirasi Bisnis -- TOMS mendapatkan publisitas besar-besaran secara gratis


Dari sebuah ide sederhana untuk mencari solusi membantu memberikan sepatu kepada anak-anak kecil tidak mampu di Argentina, TOMS mendapatkan publisitas besar-besaran dengan cerita mereka yang kuat dan misi sederhana: One For One.  Dalam waktu 9 bulan pertama perjalanan brand TOMS, mereka membagikan dan mendistribusikan sepatu TOMS gratis mereka yang pertama kepada 10,000 anak-anak di Argentina.


Sekarang, TOMS telah menjadi brand dengan fans yang sangat loyal kurang dari 10 tahun. TOMS juga menjadi brand sepatu yang paling banyak di-googling orang selama tahun 2013.  Fans mereka bukan saja membeli TOMS shoes untuk mereka sendiri. Namun mereka menceritakan kisah brand ini dengan hati dan tulus. One for One menyatukan semua fans TOMS, termasuk saya hehehe. Mereka semua fans TOMS percaya bahwa kita semua mampu membuat dunia menjadi lebih baik dengan hal-hal yang sederhana termasuk dalam membagikan sepatu. Ini adalah awal dari keajaiban. With every product you purchase, TOMS will help a person in need. One for One. Begitu jargonnya TOMS. Ayo kita juga harus berbuat baik lebih banyak. Siapapun kita, yuk berbuat baik lewat usaha dan bisnis ataupun karya kita. Semoga menginspirasi teman-teman.



TOMS One for One:  With Every Product that you Purchase, TOMS will Help a Person in Need.  One for One.  Learn More at TOMS.com


Inspirasi Bisnis TOMS -- Sebuah Harapan


TOMS sudah memberikan dan mendistribusikan sepatu TOMS gratis mereka pada anak-anak di lebih dari 60 negara. Mereka memiliki mitra untuk distribusinya yaitu Giving Partners. Namun saya belum melihat Indonesia di peta penyebaran sepatu TOMS Giving Partners. Itulah kenapa saya menulis ini dan ada dalam versi English agar orang-orang di TOMS HQ membacanya dan memberikan kesempatan pada saya dan tim juga kalian untuk bersama-sama menjadi Giving Partners atau Shoe Drop TOMS untuk Indonesia. Bahkan lebih dari itu, membuat kolaborasi yang asyik dengan brand Maicih yang mempunyai visi yang sama membuat dunia lebih baik untuk kita tinggali yaitu 1 coin 1 leaf sejak 2011. Tolong share tulisan blog ini pada keluarga dan teman kalian sebanyak mungkin. Indonesia butuh TOMS Shoe Drop untuk membuat banyak anak-anak di negeri kita tersenyum lebar. Saya percaya itu bisa terjadi lewat kalian !


TOMS Shoes


[ultimate 5 /]