BISNIS HOBI TANAMAN HIAS AROID BANDUNG

 


Pembicara bisnis konvensional @maicih ✅
Pembicara bisnis MLM @tiensofficialid ✅
Pembicara bisnis hobi @aroidbandung ✅

Tak pernah merencanakan rinci bisnis apa yg akan dijalankan di kemudian hari, semua penuh misteri. 

Tak pernah bermimpi jadi tukang kripik, tukang MLM, tukang tanaman sedari kecil. Siapa yg bisa menghitung sejauh itu.

Cita-cita waktu kecil ya sama seperti kebanyakan : random ! Dari mulai ilmuwan, pemusik, arkeolog sampe astronot. 

Satu yg konstan setelah remaja : ingin jadi seniman yg kaya raya, sampai uang bukan jadi masalah. Karena saya tau sakitnya ga punya uang. Kl ada yg bilang uang ga penting, berarti mereka udah kaya dari dulu. Beruntunglah.

Eh beneran jadi seniman : seni memimpin, seni berbicara, seni mempengaruhi, belum lagi saat membuat produk/branding/project itu erat banget dengan seni, kalau kita ga suka dunia art, matilah kita.

Pengusaha adalah seniman sejati. Bekal sy dalam berkarya seni : ga pernah bilang ga bisa, ‘bukan bakat’, bukan passion, bukan bidang dan bermacam excuse lainnya.

3 arus income sekarang adalah karya seni yg menemukan harmoninya. Pernah karyanya gagal ? Oh sering, kl dibikin buku bisa berapa bab kayanya dengan judul 1001 kegagalan bob merdeka. 

Lalu akankah berkarya di bisnis lain ? Bisa saja. Intuisi makin tajam. Network makin luas. Punya bbrp bisnis itu punya daya ungkit yg luarbiasa karena punya banyak sudut pandang. Selalu ada peluang baru. 



Gimana dengan fokus ? Ya ada masa tertentu diperlukan fokus seperti tahap membangun, bikin fondasi kokoh, bangun dulu sistemnya, setelah sistem berjalan nah baru bisa ke bisnis berikutnya. 

Kembali lagi semua ada seninya, how we play the game. Teruslah berupaya sampe punya mahakarya. Saya bukanlah patokan, banyak role model keren yang bisnisnya jauh lebih menggurita. Kelas dunianya : Elon Musk, Jeff Bezos atau Richard Brandson, coba sebutkan bisnisnya apa ? Dari buku, musik, mobil, payment system sampe pesawat luar angkasa. Kl kalian bilang kunci sukses bisnis adalah fokus pada 1 bisnis saja, apa kabar mereka ini yg terkaya dunia ?

Kunci berikutnya kl versi sy sih segera temukan pasangan terbaik, beruntung sy menemukan @mei_ra 



Comments