PROF. YASRAF AMIR PILIANG PAKAR SEMIOTIKA | BINCANG ORANG BEKEN

Bincang Orang Beken kali ini bersama Prof. Yasraf Amir Piliang, guru besar FSRD ITB yang selalu saya hormati dan kagumi sejak masih remaja belasan tahun. Pemahamannya tentang semiotika merupakan warisan tak ternilai untuk kita yang menggeluti ataupun menggemari seni rupa, filsafat, desain, budaya. Kita bangga ada anak bangsa yang punya sumbangsih besar dalam skala internasional seperti beliau.

Pak Yasraf yang pembawaannya selalu kalem ini, sesungguhnya sangatlah nyeleneh layaknya seniman atau stigma yang melekat pada pelaku seni terutama yang studi di FSRD ITB dari masa ke masa. Hanya saja jika budayawan atau seniman yang lain biasa nyeleneh dalam karyanya, atau mungkin cara hidupnya, kesehariannya, cara berpakaiannya, juga musiknya. Namun seorang Pak Yasraf adalah orang yang sangat nyeleneh dalam pemikiran ! Ini yang membuat saya selalu penasaran dengan khazanah intelektualitasnya selama ini, kok bisa sampe ke level cara berpikir yang melampaui zaman melewati sekat-sekat dogmatis atau pakem budaya apapun. Post modern yang sebenarnya !

Beruntung Tim Bob Merdeka Channel bisa diberikan kesempatan untuk berbincang-bincang menggali ilmu dan wawasan beliau di tempat beliau mengajar di FSRD ITB. Ngobrolnya sih santai, tapi ga nyantai banget isinya berat hahaha.. Semoga bermanfaat untuk yang menonton video ini.

Dukung Bob Merdeka Channel ini untuk terus berkembang dengan cara Like, Comment, Share, dan Subscribe, biar tambah semangat bikin content menarik yang mencerahkan kehidupan bangsa.




Comments