MARKETING 4.0 PHILIP KOTLER HERMAWAN KARTAJAYA | BAGIAN OBROLIN BUKU #11

Bagian Obrolin Buku kali ini buku Marketing 4.0 dari guru besar pemasaran dunia, siapa lagi kalau bukan Philip Kotler, dan asyiknya kali ini beliau menulis bersama Hermawan Kartajaya Founder Markplus yang tentunya membanggakan buat kita semua orang Indonesia, pakar pemasaran Indonesia diakui secara global, bukan saja market kita yang luas dan diperhitungkan oleh semua ekonom dunia, tapi dengan adanya Pak Hermawan Kartajaya, bangsa kita memberi sumbangsih besar untuk ilmu marketing secara masif.

Ya kita-kita ini yang aktif menggeliat di pemasaran skala mikro, makro, UKM, small medium enterprise, pelaku MLM, networker, wiraniaga, atau ya apapun judulnya baik menjadi praktisi usaha kecil menengah besar di negara kita ternyata diperhitungkan dunia. Patut bangga sekaligus menjadi acuan untuk terus makin haus belajar. DI buku ini juga ada beberapa pemaparan yang menarik tentang kekuatan YWN yang menjadi program Markplus bertahun-tahun penelitian, termasuk saya yang gini-gini pernah masuk jajaran YWN 100 Indonesia 2011 dan YWN 50 Tourism Economy 2012. Sombong hahaha !

Kemudian ada unsur gamification yang dibahas di akhir buku, bagaimana unsur permainan tentu saja di platform digital mengubah pemasaran tradisional, dengan tanpa menghilangkan esensi kekuatan konsumen yang dikuasai Youth Women Netizen (YWN). 3 unsur Pengubah peta permainan konsumerisme, bagaimana kita semua sampai ke tahap advocate sebuah brand ditentukan oleh banyak pendekatan yang sudah super berubah. Saya bahas sebisanya di video ini walau tidak menggambarkan semuanya. Semoga bermanfaat.





Comments