Berliburnya Om Bob kali ini bersama keluarga Merdeka menelusuri salah satu 7 Keajaiban Dunia yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia, lebih tepatnya di Magelang. Tentu sudah pada tau lah ya Candi Borobudur, candi yang ditetapkan UNESCO menjadi warisan cagar budaya dunia / heritage yang dilindungi, data dan faktanya mengenai Candi ini bisa googling sendiri lah ya hehehe. Pernahkah terpikir betapa sulitnya membangun candi sebesar dan seluas ini di jaman sekarang, itulah kenapa masuk 7 keajaiban dunia. Misterius sekali para pendahulu kita membangun candi ini tanpa ilmu teknik sipil seperti sekarang toh ? Banyak mitos berseliweran dan anekdot soal candi ini dibangun, sampe berkembang imajinasinya berbagai versi seperti di buku Tere Liye yang istri saya bahas di video kali ini.



Travel vlog kali ini pun kita ingin kasih tau bahwa Candi Borobudur ini tetap punya pesona untuk para wisatawan domestik dan mancanegara, layak untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga tapi jangan berani-berani bawa anak ke Candi Borobudur dalam kondisi tubuh tidak prima, anda akan kelelahan, encok, pegel linu, dan semua penyakit persendian, karena anak anda pasti minta digendong menaiki tangga yang ada di candi ini, yang entah ada berapa ratus bahkan berapa ribu anak tangga. Sumpah edan teu kuat! Siapkan payung, topi, dan air mineral yang cukup. Kemudian saran kita datanglah ke Candi Borobudur di pagi hari, karena jika di siang hari anda akan rungsing dan banyak mengeluh. Terutama perbanyaklah stok kesabaran.



Di remaja saya bisa sampai ke puncak Candi Borobudur saat dulu study tour SMP 2 Bandung di tahun 1999 kalau tidak salah, kini 20 tahun berlalu, ya bisa pulang dengan sehat wal afiat pun sudah alhamdulillah.



Dukung Bob Merdeka Channel ini untuk terus berkembang dengan cara Like, Comment, Share, dan Subscribe, biar tambah semangat bikin content menarik yang mencerahkan kehidupan bangsa.



Instagram https://www.instagram.com/bobmerdeka/

Facebook https://www.facebook.com/bobmaicih/

Twitter https://twitter.com/bobmerdeka





#CANDIBOROBUDUR #TRAVELVLOG #BOBMERDEKA