Seringkali pola pikir itu menjebak kita ke jurang yang begitu dalam kalau ga berpikir positif. Hati-hati dengan mindset kita loh. Banyak orang yang tidak mau bergabung ke bisnis MLM karena berpikirnya susah cari orang yang mau bergabung atau membeli produknya. Baru ajak ke beberapa rekan terdekatnya kemudian ditolak, seolah dunia tidak berpihak padanya, dan menghakimi bahwa bisnis MLM itu sudah pasti gagal, dengan bukti temannya tidak mau bergabung.

Pertanyaan sederhana : potensi pasar yang luas itu orang yang kita kenal saja atau orang-orang yang belum kita kenal ? Lebih banyak mana ? Jawabannya ya tentu saja orang yang belum kita kenal itu banyak banget, jutaan orang jumlahnya di setiap kota besar di Indonesia loh. Saya ambil contoh Bandung saja karena ini kota saya tinggal, jumlahnya sudah 5 juta jiwa, ini belum setiap tahunnya banyak angkatan muda baru yang kuliah, sekolah, bekerja mengadu nasib dari luar kota, dan ga terbayang itu banyak banget bos !

Lalu kenapa harus terjebak dan meratapi menangis karena teman dekat anda menolak anda terjun ke bisnis MLM ? Ya kalau gitu, cari teman baru dong, cari lingkungan yang positif, yang mendukung dan menguatkan. Bukankan teman yang baik itu yang mengajak pada kebaikan dan kesalehan. Kalau mereka ga mau ya udah ga apa-apa, jangan dipaksakan. Beda pendapat itu wajar, namanya juga manusia punya pendapat masing-masing toh, biarkan mereka dengan pilihannya, kita pun dengan pilihan kita. Buat anda yang sudah bergabung ke bisnis MLM apapun, dan anda tau perusahannya jelas, produknya berkhasiat, legalitasnya sudah lengkap, dari BPOM, Halal MUI jika produknya suplemen seperti Tiens. Kemudian dalam naungan APLI Deperindag resmi diawasi OJK dari lembaga pemerintahannya, apalagi sudah dapat sertifikat Syariah untuk skema bisnis jaringannya dari MUI, ya sudah beres, gas aja terus, sing yakin ! Istiqomah.

Kalau anda sudah yakin semuanya halal sesuai syariah dan bisa dipertanggungjawabkan dengan data fakta yang akurat, gas pol cabut rem mang !

Teman anda, keluarga anda tidak dukung, ya ga apa-apa cari teman baru yang nantinya bakal jadi keluarga baru, keluarga bisnis yang siap bahu membahu. Pada akhirnya teman-teman lama anda, keluarga anda yang mencibir, meragukan anda, dan mengejek anda bahkan karena anda berada di bisnis MLM akan menghormati anda karena PRESTASI anda !

Nah prestasi itu kan didapatkan dari hasil pendapatan anda, pengembangan diri anda yang makin percaya diri, sikap anda yang profesional, mental anda yang baja, jiwa anda yang lebih kuat. Semua itu bisa anda dapatkan dengan mempunyai mitra-mitra bisnis baru di luar lingkungan anda, dan untuk mendapatkannya anda tinggal berkenalan dengan orang baru. Mudah saja ! Sederhana tinggal senyum, sapa, bertukar nomer telepon, lebih bagus lagi anda punya kartunama, berikan pada sebanyak mungkin orang baru. Terlebih di dunia digital seperti sekarang ini, mudah sekali untuk punya pergaulan baru, jejaring pertemanan baru, sosialisasi yang lebih luas, ah mudah pokoknya kalau kita mau, pasti selalu ada jalan.

Di luar memanfaatkan kemudahan teknologi digital, dengan senyum dan sapa saya pribadi selama 4 tahun ini di bisnis MLM Tiens sudah entah berapa orang baru yang saya ajak kenalan, mungkin jumlahnya sudah ribuan orang ya, baik mereka pada akhirnya bergabung ataupun tidak bergabung, ya itu sih urusan nanti, urusan hati qalbu mereka, yang punya qalbu kan Allah, bukan kita, ya udah biarkan saja, bukan wilayah kita untuk hal tersebut. Tugas kita ikhtiar sebanyak mungkin, kerja keras kerja cerdas kerja ikhlas. Belum ikhlas kalau masih merasa sakit. Jadi tulus aja ikhlas jalani prosesnya, hasil pasti datang kok dengan sendirinya kalau menurut Allah SWT kita sudah pantas mendapatkannya. Pantaskan diri anda untuk Allah berikan sukses anda ! Yuk mulai berkenalan dengan orang baru, mudah kok, modalnya cuma senyum doang :)