20 April kemarin menjadi waktu di mana saya bisa berbagi pengalaman bisnis Maicih selama 8 tahun ini di Seminar Bisnis Universitas Widayatama. Seberes shalat Jumat, sekitar jam 13.30 saya diberikan waktu yang terbilang cukup singkat untuk sebuah kisah perjalanan Maicih selama 8 tahun. Ya pokoknya dicukup-cukupkan dan dipadat-padatkan hehe, mungkin karena panitianya hemat durasi karena rencana acara kelar lebih cepat atau hal teknis lainnya yang saya bisa pahami karena saya pun pernah jadi mahasiswa, kalau di posisi mereka pasti melakukan hal yang sama untuk efesiensi waktu.

Entah karena jam terbang jadi pembicara seminar bisnis atau karena motivasi desakan panitia untuk bicara cepat, materi yang biasanya saya bawakan dalam waktu 1 jam tiba-tiba beres 30 menit, plus tambahan tanya jawab sekitar 10 menit. Rasanya saya mulai bicara, dan boom sudah beres lagi hahaha. Pengalaman yang menarik juga nih di Widyatama. Sebelumnya saya pernah diharuskan bicara cepat ini ketika di program Datsun Juara, bahkan ini lebih ekstrim lagi, bicara 15 menit dengan memanfaatkan jeda waktu jam istirahat sekolah SMA, dan presentasi di hadapan guru yang ingin segera beres acaranya karena ingin pulang dan kepentingan lainnya. 

Memang waktu itu mahal ya, seringkali kita ga paham time = money itu benar adanya.. 1 menit dengan kalimat yang tepat saja bisa mengubah pandangan seseorang, apalagi 30 menit di Widyatama ini, mudah-mudahan apa yang saya bagikan kemarin bisa memberikan dampak positif dan lahir generasi baru pengusaha muda kreatif yang mampu menggerakkan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik. Aaamiiinn.