Alhamdulillah akhirnya setelah malang melintang membujur sangkar ke sana ke mari keliling Indonesia, kesampaian juga nih jadi pembicara GOP Bisnis Tiens Syariah di kota sendiri, kota kelahiran tercinta kota Bandung. 4 tahun loh saya di bisnis Tiens, baru dikasih kesempatan ini, jadi agak lumayan bersejarah nih event, lebay ya haha. Tapi jujur beneran sanga bersyukur dan menikmati sekali bisa berbagi kisah dan pengalaman membangun bisnis Tiens Syariah selama ini, suka dukanya, senang susahnya. Buat seorang koleris sanguin seperti saya sih sebenernya semua dibawa senang, karena kerja adalah kesenangan. Penolakan ya ga berarti dari awal juga, karena mindset sebagai pengusaha ya memang begitu, mana ada sih bisnis yang ga ditolak. Semua kesuksesan pasti sepaket dengan kegagalan. Kegagalan sebenarnya adalah tidak melakukan apapun, itulah kegagalan yang hakiki.













Yang menjadi berbeda di GOP Tiens Bandung kali ini adalah saya berbagi kisah bukan saja sepak terjang saya di Bisnis Tiens Syariah, namun juga soal bisnis Maicih-nya pun dikupas tuntas, dari awal mula berdiri hingga akhirnya membesar kemudian tantangan dan rintangannya selama kurang lebih 8 tahun perjalanan bisnis cemilan pedas berlevel yang alhamdulillah ujiannya pun berlevel-level, dari mulai yang kecil seperti soal bahan baku yang sulit didapat hingga ujian kelas berat seperti pabrik kebakaran, rugi miliaran rupiah, dan lain sebagainya. Ari kudu dicaritakeun mah nyeri hate pisan lah, ngaranna oge da jelema, sedih lah pokona mah hahahaha. Harusnya anda datang sih waktu kemarin GOP Tiens Syariah ini, anda sih udah negatif duluan sama bisnis MLM. Padahal banyak hikmah dari bisnis MLM yang anda benci itu loh, banyak pelajaran yang bisa dipetik, komunitasnya positif saling mendukung, lintas budaya lintas generasi. Jadi kita tuh tau bagaimana bersikap sebagai pengusaha profesional, mengenal berbagai karakter, mental berkelimpahan, good team player, nilai-nilai yang tidak akan didapatkan di bisnis konvensional yang seringkali kebalikannya sikut menyikut, bantai membantai. Ya kalau kata dilan mah kamu ga akan kuat, berat ! Biar aku saja.

Jadi lain kali kalau diundang ke seminar bisnis MLM Tiens, dateng ya, kita bukan hanya bicara Tiens kok, itu mah hanya produknya aja, selebihnya sih silaturahmi dengan semua yang hadir, terbuka banyak loh peluang baru. Bahkan beberapa kali saya sih berkecimpung di sini, selain bisnis Tiens nya berkembang, saya merasa diri pribadi ini pun berkembang loh, yang ujungnya ke bisnis Maicih dan mengarungi hidup tuh lebih baik, lebih mawas diri. Gimana ya kamu ga akan ngerti lah, abis menilai bisnis MLM masih katanya si anu, si fulan, si negator, si gagal, si si yang gelapnya. Nyemplung dong, masuk ke dalamnya, nah baru kamu bisa nilai yang sebenarnya, gimana tuh komunitas, benar ga negatif seperti kata si fulan-fulan berjamaah yang hobinya nyinyir ga penting tak bertanggungjawab. Gagal kok nyaring, gagal di MLM kok bangga ngomong ke orang lain jangan ikutan bisnis MLM, soalnya dirinya gagal. Kalau mau bangga tuh ya ketika sukses gitu, bukan pas gagal hehe. Ya aneh-aneh manusia jaman now ya. Bukti nyata bisnis ini positif, ya GOP Tiens Bandung kemarin ini yang hadir ratusan orang dari berbagai penjuru kota di Jawa Barat, dan alhamdulillah responnya positif, ga sedikit yang terbuka pandangannya untuk hijrah menjadi pengusaha. Karena 9 dari 10 sahabat nabi yang dipastikan mencium wangi surga itu profesinya pengusaha semua loh, nah coba direnungkan kenapa anda belum jadi pengusaha? Surga loh kalau jadi pengusaha yang amanah, jujur, sesuai syariah tuntunan Islam.

Makanya jangan negatif terus, kan pengusaha banyak hutangnya, kan pengusaha modalnya berat, kan itu ini lainnya. Ya paradigma kamu di situ-situ terus sih, ada loh bisnis yang modalnya minim, kerjanya dibantuin tim bisnis, ga perlu pusing berhutang sana sini, sesuai syariah yang berlaku, anti riba gharar maysir. Ya bisnis MLM Tiens ini, yang sudah sering kita tawarkan sama kamu, tapi kamunya itu loh, masih tertutup, anti anti ga jelas, coba telaah lagi, kaji diri, tafakur, mungkin ada benarnya loh bisnis MLM yang kamu ejek-ejek itu. Sok gera ambil air wudhu, biar seger dan tenang dalam mendengarkan peluang, bisa jadi ini jalan menuju keberkahan dunia akhirat, kita tidak pernah tau sampai benar-benar mencobanya. Bismillah. Semoga berkah dan kamu berubah.