Diminta mengisi materi Seminar bisnis UNISBA ini karena undangan teman SMA yang kebetulan dosen di sana, Firly namanya. Ya namanya bantu teman, ga pake tarif harus berapa fee nya, plus dadakan juga seminggu sebelumnya, tentu saja pasti bisa hehe. Karena pada dasarnya emang senang berbagi pengalaman pada orang lain mengenai bisnis, ditambah teman SMA sendiri pasti diperjuangkan untuk hadir di sela-sela waktu, ciyeeee kaya yang bener aja jadwalnya padat ya kaya Merry Riana atau Anthony Robbins. Ga se-edan itu juga sih jadwal jadi pembicara seminar.

Di luar pertemuan reguler mingguan 2x dalam seminggu, sesungguhnya jadwal saya sangat longgar kalau tidak sedang membangun komunitas bisnis Tiens Syariah di luar kota. Selama di Bandung acarnya, masih bisa diupayakan untuk hadir berbagi pengalaman bisnis. Dan selalu sebenarnya ketika berbagi pengalaman itu sesungguhnya bukan audience saja yang bisa banyak belajar, tapi saya pribadi selalu bisa mengambil hikmah memetik inspirasi ataupun ide bisnis, tak jarang juga malah menemukan calon mitra bisnis baru baik untuk Maicih ataupun Tiens, bahkan bisa juga link bisnis yang lain, yang kemudian bisa kita sambungkan dengan jaringan bisnis yang lebih paham dan ahli. Benar adanya ungkapan bahwa silaturahim mendatangkan rejeki, memanjangkan umur, umur manfaat, bukan usia secara literally.

Pun demikian halnya dengan seminar bisnis di UNISBA dengan tema student creativity, starting up the start up ini. Saya bisa berkenalan dengan Kang Novi founder Inovindo Group yang bergerak di bidang jasa pembuatan web dan yang berhubungan dengan internet marketing. Sebuah dunia yang tak pernah ada habisnya, ilmunya selalu baru, walaupun ada dasar-dasar yang saya pribadi sudah tahu, selalu saja ketika bertemu suhu yang lain, ada angle yang selalu mengusik dan membuat berpikir bahwa memang dunia marketing ini sebuah dunia yang tak berujung. Menuntut kita untuk terus bertumbuh, belajar dan belajar. Apalagi internet marketing ya, rasanya setiap minggu ada seminar tentang internet marketing dari pembicara pakar yang berbeda, dan penekanannya selalu berbeda. Dari Kang Novi saya belajar bahwa SEO itu tidaklah melulu sebuah hal yang rumit, asal kita tahu pasarnya yang mau kita tuju, sesungguhnya Konsistensi akan berbuah manis. Ternyata hukum konsistensi selalu berlaku di dunia apapun termasuk internet marketing. Pertanyaannya adalah sudah seberapa konsisten kita menekuni bidang yang sedang kita geluti sekarang ?