Diminta sama timnya kakak ipar dari Panenmaya untuk jadi pembicara dadakan di event-nya Honda ya masa mau nolak ya, plus dibayar pula haha. Ya walaupun baru pulang dari luar kota sebelumnya, alhamdulillah masih diberi kesehatan untuk berbagi pengalaman bisnis Maicih selama kurang lebih 7 tahun ini. Apa yang saya bagikan lebih menyoroti kami membangun jaringan Maicih dengan menyentuh satu per satu orang, dari satu bungkus ke satu bungkus berikutnya kami nikmati, kami antar langsung, dulu belum ada Gojek kaya sekarang toh. Kami dengarkan keluhan, pendapatnya temen-temen kita, masukan positif, ya negatif juga ada, suka dukanya kami jalani. Banyak orang yang memulai usaha itu ga enjoy, karena orientasi hasil, jadi lupa sama prosesnya. Pengennya tuh langsung jebret sukses, omset miliaran, bla bla bla. Mimpi kali ye !

Lah bukannya Maicih ini 1-2 tahun langsung booming ? Nah ini dia yang salah kaprah, betul Maicih mendapatkan apresiasi secara luar biasa di awal kemunculannya, tapi kan orang tidak melihat 7 tahun sebelumnya saya membangun bisnis lainnya jatuh bangun sampai babak belur berdarah-darah hingga akhirnya bertemu ide Maicih. Coba lihat prosesnya itu, baru kita ngobrol deh, gimana akhirnya saya mempelajari banyak hal dari kegagalan yang bertubi-tubi sehingga ketika Maicih dimulai akar saya dalam berbisnis sudah lebih kuat, lebih dewasa, ga mudah goyah, nah ini yang banyak generasi Millenials tidak miliki, kekuatan untuk terus melangkah, konsistensi dalam ikhtiar, sabar dalam berproses.

Lebih dalam nanti saya bahas kalau ketemu langsung ya tips dan triknya membangun bisnis yang kuat tanpa tergoyahkan oleh kondisi apapun di luar sana, makanya undang saya lah ke tempatmu, bayar juga tentu saja fee nya ahahaha bercanda, berapapun diterima kok asal di atas 10 juta hahaha. Yang menarik ini Honda milih foto saya yang masih kurus kering kerontang kekurangan nutrisi banget ! Jadi lucu dan flasback, betapa saya menderita sekali ya bangun bisnis Maicih pret ah :D