Mau nulis tapi panjang banget kayanya untuk menjelaskan bisnis Maicih dari awal kemunculannya sejak 2010 hingga sekarang dan mau menuju ke mana brand Maicih ini, visi misi yang diemban, dan falsafah apa yang kami gunakan untuk membangun bisnis Maicih.. Jadi biar gambar aja yang lebih banyak berbicara ya hehe. :D


Sebenarnya teman-teman bisa melihat prinsip dan perjalanan Maicih ini di dalam artwork kemasan keripik Maicih sekarang. Silih Asih Silih Asah Silih Asuh, sebuah falsasah Sunda yang penuh makna ini kami tuangkan juga di dalam artwork Maicih. 1 coin 1 leaf sebagai aksi kepedulian sosial dan lingkungan hidup juga berusaha kami jalankan secara konsisten. Semoga bisnis Maicih ini selalu menjadi jalan rejeki dan manfaat untuk banyak orang-orang baik dan shaleh, ini adalah doa saya dan istri sejak memulai Maicih di 10 Juni 2010. Alhamdulillah doa dan impian ini sudah mulai terwujud satu per satu, dengan program reseller distributor yang kami terapkan di 2011, begitu banyak anak muda dan para pebisnis positif yang bermitra dengan kami menggapai impian-impiannya dan membantu perekomonian Indonesia dari hal yang paling kecil, yaitu menggerakkan banyak ekonomi rumah tangga jadi lebih berdaya. Kami percaya Maicih adalah sebuah usaha yang bisa dibilang gerilyawan ekonomi, sadar tidak sadar kami mengadopsi sistem network marketing. Kami lebih memilih bermitra dengan individu per individu yang punya mimpi yang sama bergerak untuk manfaat banyak orang baik, ketimbang masuk modern market yang menurut saya pribadi sih kurang oke dengan segala sistemnya yang serba modern, model pemasaran yang kaku, konvensional, dan penuh dengan keanehan-keanehan lainnya.


Saya bukan anti-mainstream atau anti dengan sebuah keajegan sistem kapitalisme modern, dan bahkan juga sudah pernah mencoba memainkan Maicih di modern market karena pengaruh pendapat beberapa rekan yang bilang apa salahnya mencoba. Tapi ya gitu deh heuheu, dengan mencoba akhirnya kami tau bahwa Maicih bukan di situ tempatnya, apa yang kami lakukan sudah benar adanya sejak dulu, berkahnya adalah kami tau seperti apa itu kapitalisme modern, dan semakin yakin bahwa langkah Maicih sudah benar. Kami menciptakan pasar yang penuh loyalitas, bukan masuk ke pasar yang gaduh ramai kacau balau. Seperti slogannya mentor bisnis saya Pak Handry Wiguna, lebih pilih orang setia ketimbang hebat. Kami lebih memilih pasar (konsumen, reseller, distributor) yang setia ketimbang pasar modern yang katanya 'hebat'. Terimaicih :)