Sudah sejak lama mau nulis tentang bagusnya buku ini, tapi baru kesampaian sekarang.. Maafkan ya Mas Waditya saya merasa berdosa banget nih, tapi tak apalah ya coba kutebus dosaku ini hehehe..


kreatif-sampai-mati

Buku Kreatif Sampai Mati ini menurut saya adalah buku wajib buat teman-teman yang sedang mencari inspirasi dan mau terjun ke industri kreatif. Buku yang ringan dan tidak jelimet untuk memberikan stimulan bagi kita menjemput ide-ide kreatif. Saya rasa teman-teman bakal suka banget dengan begitu banyak gambar-gambar lucu di buku ini sehingga membacanya seperti membaca komik namun dapat pembelajaran banyak tentang kreatifitas.


Satu hal yang paling penting adalah pengarang bukunya, tentu saja orang kreatif yang dikagumi banyak orang Indonesia termasuk saya. Ya siapa lagi kalau bukan Wahyu Aditya atau lebih akrab disapa Mas Waditya. Pemilik Hellomotion dan Distro KDRI ini adalah salah satu orang yang berjasa membangkitkan dunia kreatif di Indonesia. Bagaimana tidak ? Salah satu buktinya adalah Hellofest yang diadakan tiap tahun adalah bentuk kepeduliannya pada seluruh penggiat kreatif  di Indonesia yang belum punya wadah untuk menyalurkan karyanya. Dari tahun ke tahun event ini semakin membesar, begitu banyak rekan-rekan dari berbagai industri kreatif yang mendapat manfaat dari event ini baik secara ekonomi maupun sosial. Tapi perlu diketahui Hellofest ini tidak dibangun dalam sekejap mata, teman-teman bisa baca sejarah singkatnya di buku Kreatif Sampai Mati yang sangat inspiratif.


Satu bukti nyata lagi beliau adalah orang yang konsisten bergerak di dunia kreatif sejak lama adalah dari pengalaman saya pribadi. Waktu pertama kali saya bertemu beliau adalah sebuah acara bentukan Republika di Pesantren Tebuireng Jombang, beliau share pengalamannya seputar dunia kreatif yang sebagian di antaranya adalah bahan-bahan yang akan dijadikan buku Kreatif Sampai Mati. Salah satu pengalaman beliau yang membuat saya kaget setengah mati ternyata Wahyu Aditya adalah orang di balik animasi videoklip Padi - Bayangkanlah. Gila ! Dulu jaman saya SMA, saya ngefans sama Padi, salah satu band Indonesia yang mendekati dengan musik Radiohead menurut saya sih hahaha. Ketika videoklip ini muncul, saya berpikir ini orang yang buatnya jago banget, ga pernah menyangka ada orang Indonesia yang bisa buat animasi seperti itu pada jamannya sekitar tahun 2003. Videoklip yang terasa seperti kualitas animasi luar ya seperti animasi klip-klipnya Radiohead. Dan kami tuh dulu ya anak-anak SMAN 2 Bandung pengen ngundang Padi di Pensi-nya kami, dan ga kesampaian karena jadwal mereka yang padat pada waktu itu. Ya Kasih Tak Sampai lah kalau kata Padi mah.. :(


kreatif-sampai-mati-bobmerdeka

Jadi gini ya perbandingannya saya dengan Wahyu Aditya ini seperti langit dan bumi, seperti rakyat jelata melihat raja.. Karena di saat saya dan teman-teman SMA mengejar Padi untuk tampil di Pensi SMA kami berikut ga kesampaian pula, sedangkan beliau adalah orang yang dipercaya membuat animasi oleh Padi, dan bagus pula. Jadi pas ketemu beliau di Tebuireng itu, saya merasa inilah dewa kreatif yang sejak SMA saya kagumi karyanya. Minder, malu malu kucing, dan perasaan campur aduk lainnya. Tapi beres beliau seminar di Tebuireng itu malah beliau mendatangi saya, ngajak kenalan sama saya, dan bilang Maicih tuh keren.. Itu kalau di kartun ya, saya tuh kaya terbang ke awan dan ga balik-balik lagi karena kegirangan heuheu.. Ga menyangka Wahyu Aditya yang saya kagumi ini adalah sosok yang rendah hati dan sangat peduli dengan teman-teman yang bergerak di industri kreatif.


 maicih-kreatif-sampai-mati


Jadi ya udah panjang lebar nih cerita tentang Wahyu Aditya yang keren ini, keterlaluan kalau kalian belum punya buku Kreatif Sampai Mati di lemari buku kalian. Cepetan beli ! Dijamin kalian bakal ketagihan baca buku ini, plus ada sedikit cerita Maicih juga di buku ini semakin wajiblah kalian harus punya buku Kreatif Sampai Mati.