25 April kemarin di UNPAR, saya diberi kesempatan untuk sharing pengalaman membangun bisnis Maicih hingga ke titik sekarang. Acara CampusG inisiasi Google Student ini dihadiri banyak mahasiswa, bukan saja dari UNPAR namun dari berbagai kampus di Bandung. Ternyata banyak juga ya mahasiswa yang mencari jalan menuju kewirausahaan. Jadi bersemangat euy ! :)pembicara-google-unpar

Dan beruntungnya bukan saya saja yang sharing pengalaman bisnis, namun ada Kang Kiki Gumelar dari Chocodot Indonesia, dan Yuka dari Brodo Footwear. Nah dari pengalaman mereka berdua inilah justru saya lebih banyak belajar di pertemuan Google kali ini. Yang pertama dari kang Kiki, resep sukses beliau adalah membangun hubungan relasi positif dengan instansi dinas-dinas di pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pariwisata dan industri kreatif, hingga akhirnya Chocodot bisa menjadi duta cokelat Indonesia dan memenangkan kompetisi di Eropa sebagai cokelat dengan kemasan terunik dan rasa yang paling 'nyeleneh'. Dan apa yang Chocodot lakukan adalah tekhnik pemasaran paling oldskool dengan terus menjalin hubungan dengan jejaring terdekat yang justru membawa Chocodot besar. Dan yang luar biasanya sampai hari ini pun beliau pribadi masih tetap konsisten menjaga hubungan tersebut dengan setiap instansi terkait, jika diajak pameran oleh Pemerintah Jawa Barat misalnya, beliau selalu mau ikut dalam skala apapun, padahal nama besar Chocodot tak perlu diragukan lagi, tapi beliau tetap mau turun di level apapun. Salut !


Dari Yuka Brodo, saya tertarik dengan pola perjuangannya melalui internet marketing hingga membawa Brodo menjadi salah satu brand sepatu terbaik di Indonesia. Apa yang Yuka dan teman-temannya di awal lakukan sungguh menginspirasi, Brodo pertama kali dipasarkan dengan mengandalkan Facebook marketing tools dari jejaring teman-temannya di ITB dulu. Dan tidak berhenti di situ, Yuka terus mengulik ineternet marketing sampai kenal dengan Google Adsense, Google AdWords, dan Youtube marketing bahkan hingga ikut mantengin seminar tutorialnya ssecara online semalam suntuk berjam-jam demi memahami produk-produk layanan dari Google tersebut. Dan teman-teman bisa lihat sendiri traffic website Brodo yang berujung ke sales yang luar biasa untuk mereka. Keren !



Yang tak kalah penting lagi adalah kualitas dari Kiki Gumelar dan Yuka Brodo adalah mental tak pernah menyerah walau rintangan dan kegagalan datang menghampiri berkali-kali, ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan. Dan ternyata mereka berdua mengalami hal yang sama dengan apa yang saya alami juga, dari kerugian secara materi hingga masalah kepercayaan. Oleh karena itulah sikap dan mental positif sangat diperlukan untuk menjadi pengusaha sukses. Secara tidak sengaja juga ternyata kami bertiga sama-sama memulai usaha di 2010. 5 tahun penuh perjuangan :)