Perjalanan ke Makassar untuk memenuhi undangan dari Kementrian Kominfo beberapa waktu yang lalu bukan saja mahasiswa dan pelajar di Makassar yang belajar dari pengalaman saya dan pemateri yang lain. Namun justru saya mendapatkan pembelajaran baru dan ilmu yang berharga sekali dari Romi Satria Wahono tentang inovasi. Beliau sharing tentang 5 ciri inovator yang sangat membekas untuk saya terapkan dalam kehidupan bisnis sehari-sehari dan juga saya ingin bagikan di sini.





Melakukan Yang Kita Cintai


Inovator adalah orang-orang yang selalu melakukan apa yang mereka cintai. Steve Jobs ketika ditanya apa yang membuatnya tetap bertahan di Apple walaupun sudah pernah 'disakiti' oleh perusahaannya sendiri ? Beliau menjawab bahwa satu hal yang membuatnya bertahan adalah saya mencintai apa yang saya lakukan di Apple.


Punyai Visi Untuk Tinggalkan Jejak di Alam Semesta


Hidup hanya sekali, pastikan hidup kita berarti untuk banyak orang. Miliki tujuan untuk berkarya yang memberi manfaat untuk banyak orang.


Peras dan Latih Otak


Otak dengan berat rata-rata 1 kg yang kita miliki ini mampu menampung data 1.000 terabyte. Namun seringkali otak kita hanya digunakan sebagian besar untuk hal-hal yang kurang berguna. Yuk mulai sekarang akses kemampuan otak kita untuk hal-hal yang berguna. Karena jenius itu tidak dilahirkan, tapi diciptakan. Tekun tekun tekun !


Berpikir Berbeda


Ini senada dengan Ridwan Kamil ketika kampanye beliau tentang memajukan kota Bandung. Beliau juga memberi contoh Maicih sebagai brand yang berpikir berbeda dari yang lainnya. Ciyeeee :p


maicih-ridwankamil


Gunakan Bahasa Manusia


Dari banyak inovator di dunia, jarang sekali mereka menyampaikan ide mereka dengan bahasa yang 'rumit' sehingga orang lain tidak memahaminya. Bahkan Steve Jobs ketika mengeluarkan iPad pertama kali, dia bilang bahwa iPad adalah alat ajaib revolusioner dengan harga murah. Bahasa yang sangat sederhana, yang bahkan bisa dimengerti anak kecil. Dan teman-teman tahu bagaimana iPad menguasai dunia bahkan hingga anak-anak ? :)


Ya begitulah kira-kira apa yang disampaikan mas Romi SW, untuk melihat salah satu karyanya teman-teman bisa cek ilmukomputer.com. Semoga tercerahkan dan mendapat banyak manfaat.