Anne Ahira Jagonya Internet Marketing dari Indonesia


Anne Ahira Pendiri Asian Brain


Anne Ahira adalah nama yang asing buat saya pribadi saat sebelum mengisi acaranya Fakultas Farmasi UNPAD Desember 2013 yang lalu. Saya pikir Anne Ahira dari namanya sih mungkin orang Jepang yang membuka usaha di Indonesia. Ternyata salah besar setelah bertemu langsung, dia adalah orang Indonesia asli, lebih tepatnya orang Bandung yang punya kisah sukses yang inspiratif. Jadi merasa malu disandingkan dengan beliau satu panggung sebagai pembicara hehe. Karena dibandingkan Anne Ahira, usaha saya masih sangat jauh belum ada apa-apanya, terlebih lagi di bidang internet marketing.


Dari sharing Anne Ahira di Farmasi UNPAD itu, beliau ceritakan bagaimana jatuh bangunnya kehidupan beliau hingga membangun Asian Brain, sebuah perusahaan yang fokus memberi pengajaran dan pencerahan tentang bisnis online dan seputar internet marketing. Dan jauh sebelum beliau sukses di dunia internet marketing, begitu banyak rintangan yang dilaluinya. Dari mulai Anne Ahira mencari kerjaan seadanya di hotel dan restoran, sampai menjadi guru les privat bahasa Inggris pun dia lakoni untuk menjemput rezeki. Anne Ahira adalah orang sukses yang sangat rendah hati, dia juga adalah orang yang bisa menghargai perjuangannya.


[gallery columns="2" ids="1664,1666"]

Anne Ahira -- Anne Ahira Haters


Sukses itu bukanlah tujuan, tapi perjalanan. Ungkapan ini sangat benar dan tepat melihat apa yang dialami Anne Ahira hingga di titik ini. Bukanlah hal mudah mengubah mindset dan habit dari Anne Ahira sebagai orang awam yang tak mengerti sama sekali bagaimana membuat email hingga menjadi jagonya internet marketing di Indonesia. Anne Ahira mampu mengatasi kelemahan menjadi kekuatan.


Kesuksesan beliau terbilang agak jarang di Indonesia, Anne Ahira mungkin satu-satunya orang Indonesia yang terbukti bisa menjual produk barang dan jasa dengan sistem affiliate marketing yang sangat heterogen di internet. Dari mulai obat jerawat, shampo, e-book, produk-produk yang ada di Amazon, Clickbank dan Ebay, gadget, bahkan yang paling sinting adalah Anne Ahira berhasil menjual kapal tanker dari China, semunya itu lewat internet marketing. Dia sendiri memberi nama profesinya ini sebagai Pedagang Kakilima Online.


anne-ahira


Teman-teman bisa bayangkan bagaimana dia membuat search engine seperti Google menjadi alat marketing yang luar biasa untuk mendapatkan penghasilan dari apapun yang berseliweran di internet dengan teknik-teknik SEO dan cara-cara yang dia temukan secara otodidak. Ya bisa dibilang apapun itu yang ada di internet selama produknya ada affiliate program, Anne Ahira bisa membuat website yang dia buat memberikan penghasilan pasif yang sangat besar hingga hari ini. Kalau saya ungkap angkanya bakal membuat kalian tercengang, jadi mending ga usah ahahaha. Bahkan blog pribadinya saja AnneAhira.com bisa mengalahkan Alexa ranking banyak brand-brand besar di dunia.


Tapi perjalanan kesuksesan Anne Ahira bukanlah tanpa rintangan hingga titik sekarang di mana Anne Ahira sudah menikmati kehidupan berkelimpahan pun dia masih mengalami ujian. Salah satunya adalah banyak yang tidak suka dengan kesuksesan yang diraihnya lewat dunia internet marketing. Mereka mencemooh sistem belajar online ala Asian Brain, menyebutnya penipuan dan lain sebagainya yang negatif. Mereka bisa disebut Anne Ahira haters, bahkan sampai ada blog khusus yang dibuat hanya untuk menjelek-jelekkan Anne Ahira. Ga ada kerjaan banget ya haha. Tapi Anne Ahira menanggapinya dengan santai dan terus melaju mengikuti perkembangan dunia online dan marketing yang terus berubah.


anne ahira & bob merdeka



Anne Ahira -- Kesamaan dengan Pengusaha Sukses lainnya


Sungguh kesempatan berharga bisa bertemu langsung dengan Anne Ahira, bahkan satu panggung dengannya adalah apresiasi luar biasa dari teman-teman mahasiswa Farmasi UNPAD. Saya sendiri hadir di acara Farmasi UNPAD ini akhirnya bukan hanya sharing pengalaman membangun bisnis Maicih, namun alhamdulillah lebih dari itu bisa belajar banyak dari sharing yang disampaikan Anne Ahira.


maicih-farmasi-unpad


Saya menjadi sangat yakin dan siap menghadapi tantangan-tantangan di depan. Anne Ahira sampaikan bahwa lihatlah semua perjalanan pengusaha sukses di dunia ini, tak pernah ada yang mulus. Kalau yang muncul ke permukaan hanyalah kisah-kisah manis, janganlah percaya dia adalah pengusaha sukses. Pengusaha sukses ataupun orang sukses di bidang apapun pastilah mengalami kesakitan yang luar biasa sampai bisa berada di titik suksesnya. Suksesnya seseorang berbanding lurus dengan rasa sakit atau kegagalannya. Orang sukses itu bisa dibedakan dari cara pandangnya menyikapi kegagalan dan rintangan. Mereka terus melangkah, meninggalkan zona nyaman, membuat hal baru, berinovasi. Sukses adalah untuk tetap hidup penuh syukur dan sabar, juga terus bergerak memberi manfaat sampai ajal menjemput.