Tergila-gila Seth Godin


Seth Godin :: Guru Marketing


Seth Godin adalah salah satu penulis, entrepreneur dan sekaligus blogger terbaik di era digital ini. Dia membuat banyak orang terutama marketers melihat perpektif baru sehingga membuat cara pandang yang berbeda tentang bagaimana seharusnya marketing membuat dunia ini lebih baik. Banyak pengusaha sukses yang juga terinspirasi dari ide-ide dan pemikiran dia tentang marketing. Sebut saja Blake Mycoskie, founder TOMS Shoes adalah salah satu yang sangat mengidolakan Seth Godin. Bahkan Blake sendiri bilang di dalam bukunya Start Something That Matters bahwa Seth Godin adalah marketing guru dalam membangun brand dan usahanya.


seth godin



Belajar banyak dari Seth Godin


Beberapa bulan ke belakang secara intens saya akrab sekali dengan pandangan Seth Godin lewat blog pribadi ataupun buku-bukunya. Bahkan tak terasa sudah lebih dari 2 tahun ini saya tergila-gila membaca banyak literasi tentang pandangan marketing, brand, entrepreneur dari Seth Godin. Sesekali juga melihat video channel yang ada di Youtube untuk belajar banyak darinya. Beberapa pandangan yang kita bisa belajar di antaranya bahwa banyak yang telah bergeser selama beberapa dekade ini tentang industri kreatif kaitannya dengan marketing. Bahwa model-model spamming dan interrupting di industri mass media seperti TV Ads sudahlah tidak relevan bagi brand untuk tumbuh. Kita setiap hari ditawarkan berjuta-juta produk lewat Ads yang pasti kita ignore. Lalu bagaimana kita membuat konsumen tertarik pada produk kita ? Sederhana sekali jawaban Seth Godin, carilah pasar / konsumen yang mau mendengarkan brand kita alias pasar yang tepat kemudian berceritalah apa yang membuat brand kita layak untuk didengarkan.  Karena kita semua sesungguhnya sama ada kebutuhan untuk saling mendengarkan dan didengarkan. Bagaimana cara ide / brand kita menyebar ke audience yang tepat ? Konsep story-telling, be remarkable, big ideas can be simple, permission marketing, dan menjadi authentic adalah beberapa ide Seth Godin atau bisa dibilang juga Godinism yang melekat di benak saya.


Teman-teman bisa coba telusuri lebih jauh tentang Seth Godin di blognya langsung, jika mungkin agak sulit menemukan bukunya. Karena saya pribadi juga hunting buku-buku Seth Godin ini seperti menjadi keasyikan sendiri, mungkin sudah mulai agak rare beberapa edisi-edisi tertentu. Semoga teman-teman mendapat pencerahan dari pandangan Seth Godin yang saya pribadi banyak sreg dengannya bahwa era digital ini kita harus membuat dunia marketing dan entrepreneur lebih segar dengan cara-cara membangun brand yang asyik. Menjadi story-telling brand. Dan lebih jauh menjadi brand yang mampu berbuat baik dan memberi manfaat. Long live the great ideas !