Pengusaha Sukses & Inspirasi Bisnis Tomy Winata


 

Pengusaha Sukses Tomy Winata


Tomy Winata adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang banyak diperbincangkan orang karena kekayaan materi dan usahanya yang sangat maju dan sukses khususnya di dunia bisnis perbankan, properti, dan infrastruktur. Saya tak tahu banyak tentang apa saja yang dia garap, mungkin yang paling prestisius adalah proyek SCBD di jantung kota Jakarta adalah salah satunya. Terlepas apapun rumor dan cerita yang beredar tentang beliau dalam membangun usahanya, dalam tulisan inspirasi bisnis kali ini saya ingin menyoroti sisi lain dari kesuksesan seorang pengusaha sukses pemilik Artha Graha Group ini.



Pengusaha Sukses Peduli Lingkungan


Tak banyak pengusaha sukses di Indonesia yang peduli lingkungan. Apalagi sampai mau repot untuk membuat program pelestarian lingkungan hidup dari usahanya dan turun tangan langsung memastikan programnya berjalan berkesinambungan. Hal ini dilakukan Tomy Winata lewat program Artha Graha Peduli. Sampai tulisan inspirasi bisnis ini dimuat, saya belum berkenalan langsung dengan Tomy Winata. Saya hanya mengagumi dan terinspirasi dengan apa yang dilakukannya untuk lingkungan hidup. Sungguh sebuah contoh untuk pengusaha sukses di Indonesia dan seluruh dunia.


Apa yang Tomy Winata lakukan untuk lingkungan hidup khususnya konservasi harimau Sumatra menurut saya sangatlah berani sekaligus kontroversial namun juga sebuah solusi nyata. Beliau melalui Artha Graha Peduli mempunyai program konservasi harimau Sumatra di Taman Tambling Lampung. Kawasan Tambling disebut juga dengan nama Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC). Total area TWNC mencapai 45.000 hektare.


TWNC


Saya pertama kali mengetahui informasi inspirasi bisnis ini dan terinspirasi dengan apa yang Tomy Winata lakukan lewat Artha Graha Peduli adalah lewat tayangan televisi di BBC Natural World tentang program konservasi harimau Sumatra di Taman Tambling tersebut. Dalam tayangan tersebut (teman-teman bisa lihat juga di Youtube yang saya sudah sediakan di bawah tulisan ini) diperlihatkan konflik harimau dan manusia hingga konservasi yang coba dilakukan Tomy Winata. Di sana juga mendokumentasikan keindahan dan keaslian hutan tropis Tambling yang sangat mengagumkan. Ada ketenangan saat melihat tayangan tersebut, lega mengetahui masih ada hutan hujan yang asri dan terus dirawat di Bumi Indonesia ini.


panti


Segala sesuatunya dipersiapkan secara maximal untuk konservasi alam khususnya harimau Sumatra. Untuk mengelilingi kawasan TWNC, disediakan mobil, sepeda motor, dan traktor. Kalau hendak berkeliling dari udara, ada helikopter milik Tomy Winata yang siap beroperasi. Dr. Alan Rabinowitz, CEO Panthera juga memuji sekaligus apa yang dilakukan Tomy Winata untuk konservasi harimau Sumatra dalam tayangan tersebut.


tomy-winata-ronaldo


Tomy Winata yang biasa disapa TW melalui PT Adhiniaga Kreasi Nusa, anak perusahaan Artha Graha ini  menyulap wilayah Tambling menjadi taman konservasi alam, surga bagi berbagai jenis binatang liar dan langka. Bukan saja harimau Sumatra, namun juga ada rusa,, gajah sumatra, badak sumatra, kerbau liar, tapir, beruang madu, dan juga hutan mangrove lewat kampanye yang menghadirkan Christiano Ronaldo sebagai dutanya.

Pengusaha Sukses butuh Komitmen


Tommy Winata mengakui, biaya pembuatan, perawatan, dan gaji karyawannya di TWNC sangat besar, belum lagi waktu yang dihabiskan. Bahkan dia katakan pada Dr. Alan Rabinowitz bahwa setiap tahunnya Artha Graha Peduli membutuhkan lebih dari 20 juta dollar US untuk biaya operasional TNWC. Dan teman-teman bisa bayangkan bahwa beliau lakukan ini sejak tahun 1996. Dan lebih gilanya lagi, di areal Tambling itu ditemukan tambang mineral yang bernilai miliaran dollar, tapi Tomy Winata membiarkannya karena ingin lebih banyak harimau Sumatra daripada sekedar mengambil tambang yang dapat merusak ekosistem yang sudah dirawat selama ini oleh Tomy Winata dan timnya.


Sungguh sebuah usaha dan komitmen luar biasa dari pengusaha sukses seperti beliau yang mau susah payah untuk program lingkungan hidup. Beliau katakan bahwa dia rela melakukan ini karena cinta, cinta terhadap lingkungan hidup yang membuatnya terus berkarya. Tomy Winata adalah contoh pengusaha sukses yang memberi inspirasi bisnis nyata dalam skala besar. Semoga teman-teman juga terinspirasi untuk menjadi pengusaha sukses bukan sekedar materi saja, namun ada manfaat besar untuk lingkungan hidup ketika kita semakin sukses.


[ultimate 6 /]