Inspirasi Bisnis :: WAWBAW


Inspirasi Bisnis dari Wawbaw yang unik


WAWBAW adalah sebuah brand milik Age, teman saya yang sangat unik. Menurut saya WAWBAW adalah bukti bahwa sesuatu yang genuine/authentic/original mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Dan bukti bahwa inpirasi bisnis bisa datang dari passion alias hobi atau bahkan dari keseharian yang seringkali dianggap remeh bisa menjadi sesuatu yang besar.


Cerita brand WAWBAW sendiri berawal dari karakter-karakter yang Age gambar di sela-sela kesehariannya. Menjadi mulai ramai dan diperbincangkan banyak orang ketika teman-teman Age meminta WAWBAWavatar untuk profpic di social media mereka, seperti avatar untuk di Twitter misalnya. Dari situlah, avatar yang dibuat Age secara gratis ini membawa WAWBAW ke level baru. Ingat teman-teman bahwa dari memberi terlebih dahulu, kita bisa mendapatkan hasilnya nanti. Lihat model bisnis Age ini justru hadir karena Age memberikan produk gratis atau dalam hal ini karakter avatar secara gratis terlebih dahulu kepada teman-temannya yang ingin digambarkan lewat karakter WAWBAW doodle  ala Age. Sehingga dengan sendirinya WAWBAW mendapatkan viral marketing dari teman-teman Age yang dibuatkan karakternya dengan gratis.


Muncullah kemudian produk WAWBAWselfportrait diikuti kemudian WAWBAWseries yang dibuat regular hingga sekarang, dan tentunya mempunyai nilai ekonomi dan seringkali membuat Age kelimpungan dengan begitu banyak pesanan setiap harinya. Produk-produk WAWBAWseries ini selalu unik dengan suguhan tema-tema baru yang segar, hal ini yang membuat WAWBAWseries selalu dinanti penikmat karakter dengan pipi yang khas ini.


WAWBAWseries color


master maicih color300


Dan satu lagi yang bisa kita petik pelajaran dari inspirasi bisnis kali ini yaitu semangat KOLABORASI. Sebut saja band seperti Bottlesmoker, Mocca, ataupun Sarasvati sudah pernah di-WAWBAW-kan. Maicih pun sudah berkolaborasi dengan WAWBAW dan masih terus berusaha memunculkan ide-ide baru bersama WAWBAW hehe.. Kolaborasi menjadi sangat penting di era marketing seperti sekarang. Age dengan WAWBAW menjadi contoh bahwa eksistensi brand dibutuhkan kolaborasi-kolaborasi menarik yang membuat brand terus bertumbuh dan berkembang dinamis. WAWBAW juga kini mulai mencoba merambah ke dunia musik dengan memunculkan WAWBAWrecords. Kita tunggu terus terobosan-terobosan Age ya teman-teman.







Semoga WAWBAW bisa menjadi inspirasi bisnis untuk teman-teman yang ingin memulai sebuah bisnis dari hobi. Kuncinya adalah be original, be authentic !


Selamat berkarya :)