2012

Inspirasi Bisnis Tahun 2012


Inspirasi Bisnis -- Rangkaian Perjalanan Hidup


Tahun 2012 adalah tahun yang penuh dengan beberapa kejadian hebat, perjalanan batin yang membahagiakan dan mengharukan. Ijinkan saya berbagi membuka beberapa lembaran pribadi. Semoga teman-teman bisa memetik pelajaran berharga seputar inspirasi bisnis dan hidup di tahun 2012, bahwa hidup ini layak untuk diperjuangkan.




Saya awali tahun 2012 dengan Umroh, salah satu ibadah yang begitu banyak dirindukan oleh umat Muslim termasuk saya. Saya adalah orang yang berlumur dosa, asli sungguh tak terkira. Jika kembali ke masa remaja, saya adalah remaja yang mengalihkan kegalauan bukan dengan mendekati pencerahan agama, melainkan negativisme. Bisa tanyakan ke teman SMA dan kuliah saya, bagaimana hidup saya begitu kacau saat itu. Kasih sayang Allah itu sungguh luar biasa. Saya yang baragajul di masa remaja ini, masih diberikan kesempatan untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci. Mengingat deretan dosa-dosa yang panjang.. Sungguh, Umroh adalah sebuah hadiah istimewa dari Sang Maha Pengampun untuk saya memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Amin.



Menikahi Meiry Ramdani Anwar pada tanggal 17 Juli 2012. Langkah besar dengan acara sederhana di rumah mertua untuk memulai tanggung jawab baru, untuk tidak lagi hanya memikirkan diri sendiri, komitmen seumur hidup menjadi pemimpin keluarga. Ada beberapa hal yang saya pilih untuk tidak saya ceritakan di sini, namun saya berani mengatakan bahwa saya termasuk laki-laki bernyali besar. Dilanjut dengan resepsi pernikahan di tanggal 28 Agustus 2012, dengan mengundang teman-teman untuk berbagi kebahagiaan. Dengan pernikahan ini, saya dan istri bisa  mulai membangun keluarga impian. Keluarga ideal yang saya idam-idamkan sedari kecil. Keluarga yang bisa kita percaya. No more drama. Amin.



Sepanjang tahun 2012 terutama semenjak menikah, ada beberapa kenyataan yang benar-benar saya nikmati. Mengenal lebih jauh keluarga besar istri saya dengan semua kasih sayang dan dukungannya selama ini adalah anugerah dan kebahagiaan tersendiri. Namun ada kenyataan lain yang membuat saya juga bersyukur, bahwa hidup yang penuh misteri ini selalu memberikan kejutan-kejutan baru dalam setiap detiknya. Kenyataan lain itu adalah keluarga besar ayah kandung saya, yang sudah begitu lama kami terpisahkan oleh jarak dan waktu, juga keadaan. Mengetahui kenyataan bahwa saya adalah paman dari banyak keponakan-keponakan cerdas. Kemudian keponakan dari banyak uwa, paman, dan bibi yang membanggakan. Sepupu dari orang-orang berprestasi di Indonesia. Dan juga kakak kandung dari adik-adik kecil saya yang lucu, dan tentunya masih polos. Kenyataan-kenyataan ini masih sangat mengejutkan buat saya sampai sekarang. Hidup adalah dinamika kejutan !




Inspirasi Bisnis -- Hikmah di balik Ujian


Di tahun 2012 juga menyisakan ujian besar buat saya. Usaha yang saya rintis bersama istri saya sejak 10 Juni 2010 mengalami beberapa hal yang menguras cukup banyak energi, seperti akun twitter kami @maicih yang di hacked, usaha pencurian dokumen, penyalahgunaan otoritas beberapa orang kepercayaan kami dalam manajemen, dan yang cukup krusial lagi adalah soal bumbu racikan Maicih yang coba diambil oleh oknum tidak bertanggungjawab. Ini semua ujian soal kepemimpinan, kekeluargaan dan kepercayaan. FAMILY THAT YOU CAN TRUST.




 

Usaha ini memang dekat dengan perubahan yang sangat cepat, apalagi di era informasi yang berseliweran tiap detik seperti sekarang. Perubahan tersebut dibutuhkan kerja tim yang super solid. Kami banyak belajar untuk memimpin perusahaan ini sekarang dan di masa depan. Beruntung kami selalu didukung oleh keluarga Maicih, anak-anak Maicih, distributor dan reseller resmi Maicih di seluruh dunia, dan semua stake holder yang mendukung sepenuhnya langkah-langkah kami dalam manajemen. Dan yang paling luar biasa adalah konsumen, incu-incu Maicih yang bukan sekedar memberikan saran terbaik atau kritik yang membangun. Mereka mendukung kami dengan hati yang tulus, untuk mengobarkan semangat setiap harinya agar kami bisa bangkit lebih cepat. Konsumen inilah yang membuat kami siap untuk selalu belajar memimpin perusahaan ini membuahkan karya yang terbaik. Selalu ada hikmah di balik ujian. Alhamdulillah.



Ada ramalan ngaco bahwa tahun 2012 adalah kiamat. Jangan pernah percaya ramalan, hari kiamat adalah rahasia Allah, kita tak akan pernah tahu kapan datangnya. Buat saya pribadi, tahun 2012 adalah awal kebangkitan dari sebuah era. Era kehidupan penuh kejutan yang membuat kita harus selalu siap dengan keadaan apapun.


Jadilah orang yang mampu beradaptasi dengan cepat, bersyukur setiap saat, sekaligus tabah ketika ada ujian berat. Semoga kita semua tergolong ke dalam orang-orang yang penuh manfaat. Amin.


Comments