1C1L-b



Inspirasi Bisnis :: Aksi Sederhana 1 COIN 1 LEAF


Inspirasi Bisnis Peduli Lingkungan -- Awal Mula


Inspirasi bisnis ini awal mulanya datang dari istri saya yang sangat peduli lingkungan terutama kebersihan dan kelestarian dalam setiap segi kehidupannya. Saat kami sedang mengembangkan kemasan Maicih di bulan Mei 2011 hingga menjadi kemasannya seperti yang sekarang yaitu kemasan Maicih paperbag. Istri saya ingin membuat sesuatu yang bermanfaat di dalam kemasan baru ini. 'Gimana kalau kita sumbangin Rp. 100 dari setiap bungkus yang terjual buat lingkungan', begitu katanya. Bahkan ide istri saya ini langsung dengan nama programnya pula, 1 COIN 1 LEAF. Beruntung saya menemukan dan ditemukan oleh Allah SWT untuk menjadi pasangan hidupnya. Buat saya ide ini sungguh brilian, langsung saja saya setuju untuk membangun program pelestarian lingkungan di dalam usaha Maicih.



Inspirasi Bisnis -- Komitmen Maicih Peduli Lingkungan


Aksi sederhana peduli lingkungan 1 COIN 1 LEAF dari Maicih ini mungkin banyak orang menilainya terlampau kecil karena hanya Rp. 100 yang disisihkan dari setiap kemasan. Jika dibandingkan dengan perusahaan lain atau organisasi lain yang peduli lingkungan, aksi kami belum ada apa-apanya. Namun buat kami ini adalah sebuah langkah baru yang cukup besar, mengingat komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah komitmen seumur hidup, dan kami cantumkan komitmen itu dalam setiap bungkus Maicih yang dijual.


Hadir dari rasa mawas diri, karena kami pun banyak menyumbang sampah dengan kemasan seperti sekarang ini, dari mulai sampah plastik foodgrade yang bisa di-recycle (namun tetap sampah plastik :D ), ditambah bungkus luar dari kertas daur ulang yang tetap juga sampah, sampai kepada sampah stiker yang ada dalam kemasan. 3 sampah sekaligus dalam satu kemasan, memang cukup mengkhawatirkan. Ironis memang bahwa beban dari sebuah desain kemasan yang unik adalah sampah. 1 COIN 1 LEAF diharapkan menjadi penyeimbang usaha kami untuk tetap peduli lingkungan.


Kembali ke Rp. 100 yang kita sisihkan ini dari setiap 1 bungkus Maicih yang terjual. Istri saya memang mendapat banyak inspirasi dari banyak kejadian yang melibatkan sisi emosional yang terjadi di Indonesia, sebut saja misalnya Koin Untuk Prita, bagaimana masyarakat kita mampu melakukan kebaikan dari hal yang sangat kecil menjadi sesuatu yang sangat besar. Itulah yang berusaha kami contoh dan lakukan setiap harinya. Kemenangan besar selalu dimulai dari kemenangan-kemenangan kecil di keseharian yang terkadang dianggap remeh.


Tapi kan Maicih mahal ? Moso cuma cepe nyumbang buat lingkungannya ? Begitu satu dari nada-nada negatif ketika pertama kali program ini muncul. Di sini kami tidak akan buka berapa margin kami dari setiap penjualan per bungkus, hingga akhirnya program 1 COIN 1 LEAF ini hanya Rp. 100 per bungkusnya. Namun saya ingin meluruskan mengenai Maicih mahal tadi. Teman-teman beli Maicih seharga Rp 25.000 ? Atau Rp. 30.000 di Bandung ? Beli di mana ? Harga yang sesungguhnya alias harga eceran tertinggi (HET) resmi sampai hari ini untuk di Bandung adalah Rp. 13.000 untuk keripik singkong Maicih level 3 dan 5, dan level 10 pun hanya Rp. 15.000. Ini adalah harga yang seharusnya sampai ke tangan konsumen. Baru tau ? Makanya, belilah Maicih selalu ke tempat yang resmi, di mana anak-anak Maicih menjualnya, yang tertera di maicih.com.


Nah terbayang kan seharusnya Rp. 15.000 itu adalah harga yang paling mahal di Bandung sampai ke tangan konsumen. Dengan begitu teman-teman bisa bayangkan, saya menjual ke distributor dan pengecer resmi alias anak-anak Maicih tentu lebih murah lagi, karena tentunya saya harus berbagi margin untuk penjual resmi tersebut. Jadi yang membuat Maicih mahal itu adalah tangan ketiga atau tangan keempat dan tangan-tangan jahil mungkin hahahaha.


Sehingga angka Maicih untuk program 1 COIN 1 LEAF sebesar Rp. 100 itu buat kami adalah angka yang cukup besar untuk menjaga komitmen melestarikan lingkungan. Jadi, mulai sekarang belilah Maicih yang asli ke tempat yang resmi. Jika tidak, berarti teman-teman tidak pernah ikut melestarikan lingkungan bersama kami, dan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah jika produknya palsu, dijamin program 1 COIN 1 LEAF Rp. 100 itu tak akan pernah ada.



Inspirasi Bisnis -- Realisasi Program Peduli Lingkungan 1 COIN 1 LEAF


Bagaimana dengan realisasi dari program 1 COIN 1 LEAF ini ? Teman-teman bisa pantau terus apa saja yang kami lakukan lewat dana yang disisihkan dari penjualan Maicih setiap bungkus di maicih.com.



Ada beberapa program yang bentuknya kolaborasi dengan perusahaan lain yang punya kepedulian yang sama terhadap lingkungan seperti salah satunya, Greeneration Indonesia. Ataupun kolaborasi bersama organisasi nirlaba seperti Commonroom, Sahabat Walhi Jabar. Juga kolaborasi dengan media seperti Ardan Group.


menanam jacaranda


Ada juga program yang bermitra dengan Geger Tanam Indonesia (GTI). Maicih mendukung salah satu program mereka yaitu program pembibitan pohon dari mulai penyemaian biji, lalu memelihara kecambah yang nantinya menunggu dipindahkan ke polybag. Bibit-bibit pohon dan kecambah ini variatif, namun memiliki satu kesamaan yaitu pohon-pohon cantik yang juga berfungsi sebagai pohon pelindung. Bibit-bibit ini sudah didistribusikan dalam beberapa rangkaian aksi penanaman dan pembagian bibit di beberapa acara lingkungan. Semoga tumbuh subur dan bermanfaat.


Terimakasih telah ikut peduli lingkungan dengan membeli Maicih yang asli di tempat yang resmi sehingga program 1 Coin 1 Leaf ini terus berjalan hingga hari ini. Lingkungan kita, tanggung jawab kita semua. Semoga bisa menjadi inspirasi bisnis teman-teman untuk menjadikan usaha teman-teman penuh dengan aksi berbagi dan menebar manfaat.