Inspirasi Bisnis :: Maicih Foil Pack


Inspirasi Bisnis -- Saran Konsumen


Sudahkah kalian mendapatkan Maicih kemasan terbaru yaitu Maicih foil pack ?

Keripik Maicih foil pack ini kami rilis per 11 November 2013 kemarin. Masih lucu-lucunya nih produk. Yang ingin saya ceritakan di sini adalah perjalanan Keluarga Maicih dalam membuatnya dan makna story-telling yang ingin kami sampaikan lewat visual identity di dalam kemasan baru Maicih ini.


Inspirasi bisnis itu bisa datang dari saran konsumen. Inilah yang terjadi dengan kemasan baru Maicih ini. Hal ini didasari oleh saran dari Keluarga Maicih untuk membuat sesuatu yang baru, terutama incu-incu Maicih, konsumen kami yang paling loyal, pendukung setia karya-karya kami. Permintaan mereka sebenarnya sederhana yaitu ingin Maicih yang lebih ekonomis, praktis, mudah didapatkan, dengan tanpa kehilangan ciri khas Maicih yang peduli akan nilai-nilai kebaikan. Namun kesederhanaan ini menimbulkan rangkaian pekerjaan yang panjang. Dari mulai menghitung dan memilah-milah cost untuk membuatnya lebih ekonomis, kemudian sisi praktis dengan membentuk elaborasi desain dengan proses produksi agar tidak tabrakan. Nah, untuk permintaan mudah didapatkan inilah yang menjadi tugas cukup panjang, karena kami harus menemukan jalur distribusi yang mampu menjembatani kami dengan konsumen agar akses terhadap produk kami menjadi mudah. Dan jawabannya adalah modern market ditambah toko snack lokal seluruh Nusantara yang harus kami ajak bekerjasama untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk kami. Ini berarti ada lebih dari 30.000 titik distribusi yang kami harus telusuri secara langsung maupun tidak langsung, lumayan banyak ya hahaha. Dan terakhir yang paling esensial adalah tidak kehilangan ciri khas Maicih yang peduli akan nilai-nilai kebaikan. Ciri khas Maicih inilah yang kami coba sampaikan melalui visual dalam kemasan yang bisa mencerminkan identitas / story-telling Maicih sebagai sebuah brand, perjalanan kami selama 3 tahun mendukung pergerakan positif anak muda, melestarikan budaya dan ikut memberi kontribusi untuk pelestarian lingkungan hidup, ditambah nilai-nilai kekeluargaan yang selalu Maicih emban dengan membentuk lingkaran keluarga Maicih di mana kami melihat konsumen, distributor, reseller, partner, supplier, stakeholder, dan semua yang terkait dalam usaha kami adalah keluarga terbaik yang pernah ada.


maicih baruMaicih Detail


Inspirasi Bisnis -- Keluarga Maicih


Dari semua rangkaian perjalanan tersebut terciptalah karya dari kami Keluarga Maicih, partner kami dari LIBSTUD Yogyakarta dengan Art director & graphic designer: Farid Stevy Asta & Rony Setiyawan. Sebagai informasi tambahan, Farid Stevy Asta dari LIBSTUD ini juga yang membuat logo Maicih hadap depan dan kemasan Maicih paperbag di tahun 2011.


Visual Identity yang diterapkan pada kemasan baru ini tetap seperti pada kemasan paperbag yang lama, logo Maicih, label varian, label level, yang ditambah dengan ilustrasi yang menampilkan 4  value story-telling brand Maicih:



1. Nature, berupa pegunungan, sawah, petani, hasil bumi, dan program 1 coin 1 leaf. Menjelaskan produk Maicih yang merupakan hasil bumi Indonesia dan Maicih turut serta dalam menjaga bumi melalui pelestarian alam. 1 coin 1 leaf sudah bermitra dengan banyak organisasi nirlaba yang peduli lingkungan, kita melakukan kebaikan bersama menyelamatkan lingkungan.


2. Culture, berupa landmark Bandung, wayang golek, angklung, bahasa Sunda. Menjelaskan bahwa Maicih turut mengangkat nilai-nilai budaya masyarakat Bandung yang menjadi basis dari Maicih. Contohnya yang kami lakukan adalah berkolaborasi dengan Asep Sunandar Sunarya Giri Harja III dan masyarakat Jelekong melestarikan warisan budaya wayang golek.


3. Youth, berupa urban landscape, sub-culture, scenester, skateboard, music. Menjelaskan Maicih adalah bagian dari gaya hidup anak-anak muda urban. Maicih sebagai sebuah brand juga selalu dekat dengan pergerakan anak muda positif seperti yang sudah kami lakukan bersama musisi-musisi scene indie.


4. Family, berupa urban landscape, modern-small family picnic, pasangan petani. Menjelaskan Maicih juga bagian dari keluarga Indonesia. Keluarga Maicih tak mengenal batas-batas hubungan darah, agama, ras, budaya. Selama memiliki kesamaan visi untuk terus berbuat kebaikan bersama itulah Keluarga Maicih.


Semoga Maicih kemasan baru ini menjadi jalan rejeki untuk banyak orang dan tentunya sesuai tujuan utamanya adalah memudahkan incu-incu Maicih untuk mendapatkannya. Dalam waktu dekat kemasan baru Maicih ini sudah ada di toko-toko kesayangan kalian,  yang tadi saya bahas 30.000 titik distribusi itu lho maksudnya hehehe. Selamat menikmati  dan semoga menjadi inspirasi bisnis teman-teman. Ingat inspirasi bisnis bisa datang dari konsumen. Mulai dengarkan mereka dengan baik ya :)