Inspirasi Bisnis :: Bumi Maicih


Inspirasi Bisnis -- Bumi Maicih Setelah Kebakaran


Bumi Maicih sudah siap untuk dikunjungi teman-teman sehabis libur Lebaran. Setelah sempat ditutup sementara karena renovasi setelah kebakaran hebat pada tanggal 1 Juni 2013 di bagian tempat produksi keripik Maicih. Kini kami sangat terbuka untuk kunjungan ke Bumi Maicih sehingga teman-teman bisa melihat langsung tempat produksi keripik Maicih. Walau belum rampung semuanya, masih ada beberapa kekurangan yang harus ditutupi, namun saya pikir sembari jalan, Bumi Maicih sudah bisa kalian akses untuk melihat bagaimana serunya keripik Maicih dibuat setiap harinya yang bisa memberikan inspirasi bisnis untuk teman-teman yang ingin memulai usaha.



Inspirasi Bisnis -- Ide tentang Bumi Maicih


Ide mengenai Bumi Maicih ini sebenarnya sudah cukup lama saya simpan di bank ide (otak maksudnya hehe). Yang alhamdulillah mulai bisa terlaksana di tahun 2013, walaupun belum sesuai mimpi besar rancangan Bumi Maicih yang sesungguhnya. Namun bagi saya semangat memulai dari langkah kecil adalah sebuah mental dan sikap dari seorang pengusaha sukses yang harus dimiliki. Berangkat dari semangat pengusaha sukses inilah, saya mulai mencari tempat yang cukup representative di pertengahan tahun 2012 untuk membangun Bumi Maicih, dan bertemulah sebuah bangunan dan tanah kosong di Bandung Timur, dari bulan Juni 2012 kami mulai memindahkan tempat produksi Maicih yang sebelumnya di daerah Pasar Baru dan Ciroyom menjadi berpusat ke Bandung Timur yang sekarang kami sebut Bumi Maicih.


Setelah setahun produksi keripik Maicih di Bandung Timur, konsep Bumi Maicih mulai dijalankan satu per satu, dan seperti yang teman-teman ketahui di tulisan saya sebelumnya telah terjadi kebakaran hebat tanpa sebab yang jelas (disinyalir ada sabotage dari oknum tak bermoral) pada 1 Juni 2013. Peristiwa ini menjadikan sebuah ujian yang menempa mental kami di Maicih. Saya pribadi justru semakin yakin bahwa Bumi Maicih ini memiliki potensi besar untuk kemajuan bersama. Rencana dan mimpi kami di keluarga Maicih dalam 5 tahun ke depan adalah bahwa Bumi Maicih bisa berkembang menjadi komplek tempat wisata terpadu yang bukan saja menyajikan wisata kuliner namun juga menjadi tempat wisata budaya dan edukasi. Nantinya saya lewat Maicih dan Bumi Maicih nanti bisa bercerita banyak tentang pengalaman bisnis yang berbasis mengangkat budaya lokal ternyata membutuhkan perjuangan dan komitmen luar biasa termasuk ujian-ujian dengan segala dinamika di dalamnya termasuk kebakaran tadi, sehingga generasi mendatang dapat mengambil hikmah untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.


[gallery columns="4" ids="1264,1265,1266,1267"]

Pilihan mengembangkan wisata budaya dan edukasi adalah sektor bisnis yang sangat jarang di kota Bandung, dan terlebih lagi tempat wisata yang saya rasa terlalu homogen (kuliner dan fashion) dan terpusat di Bandung Utara. Mungkin saya baru melihat wisata budaya yang nyata dan keren itu di Saung Angklung Udjo di daerah Padasuka Bandung atau sekarang ada yang baru mulai yaitu Abah Asep Sunandar Sunarya mulai membangun Padepokan Giri Harja yang mengangkat wayang golek sebagai sentral dari tempat wisata budayanya. Itulah mengapa Bumi Maicih dibangun di daerah Bandung Timur, agar tidak terjadi penumpukan tempat wisata di Bandung. Dan tentunya saya mengharapkan apa yang saya lakukan lewat Bumi Maicih ini menyumbang sedikit dari usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat kota Bandung menjadi lebih merata.